Tata Cara Meminum Kopi Espresso Seperti Penduduk Asli Italia

Unknown 19.16

Mungkin di Indonesia meminum kopi mungkin dilakukan sembarangan asal masuk kemulut iyakan? Tapi di Italia meminum kopi merupakan persoalan serius. Ada tata cara tertentu yang harus dilakukan ketika hendak menyeruput minuman kopi, terutama saat hendak meminum kopi espresso.

Dilansir dari Travel and Leisure, Jumat (2/12/2016), berikut 4 cara menikmati espresso seperti penduduk asli Italia.

dikutip dari lifestyle.okezone.com.

Pahami Kopi Tersebut

Menurut Do Pietro, secangkir kopi espresso sehatusnya tidak memiliki rasa yang terlalu pahit hingga membuat jantung berdebar-debar. Oleh karenanya, sebelum Anda meminum secangkir espresso, pahamilah terlebih dahulu karakter biji kopi dan proses ekstraksinya.

Minum dengan cepat

"Espresso yang sempurna harus diolah secara cepat, begitu pula saat Anda meminumnya. Minumlah minuman tersebut secara langsung," kata Di Pietro. Ia menambahkan bahwa, espresso harus diminum selagi crema masih terlihat di permukaan cangkir. Crema sendiri merupakan emulsi krim minyak kopi yang berfungsi untuk melindungi aroma espresso agar tetap terjaga.

Jangan tambahkan susu

Jika Anda menambahkan susu pada espresso, itu akan menjadikannya machiatto espresso. Minuman ini tidak boleh diminum setelah pukul 11.00. Selain itu, Di Pietro juga tidak menganjurkan untuk menambahkan minuman beralkohol ke dalam espresso Anda, atau lebih dikenal dengan coretto caffe.

Jangan minum espresso setelah menyantap sarapan

Anda dapat meminum espresso kapan pun Anda mau. Tetapi, di Italia meminum espresso harus dilakukan sebelum pukul 11.00. "Jika Anda mengonsumsinya setelah pukul 11.00 pagi, orang-orang akan melihat Anda dengan tatapan aneh," pungkasnya.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »